Sekwan Segera Pensiun, Pimpinan DPRD Serahkan Keputusan Kepada Gubernur Featured

Rabu, 09 November 2016 20:13

Berakhirnya masa jabatan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (Sekwan) Provinsi Lampung yang pada saat ini dijabat oleh H. Sutoto, SH., MH., dikarenakan yang bersangkutan telah memasuki usia pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terhitung mulai tanggal 1 Maret 2016 mendatang, mau tidak mau secara tidak langsung mengharuskan unsur-unsur pimpinan yang berada dilingkup Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung untuk membuat suatu permintaan yang disampaikan kepada Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo agar dapat lebih selektif dan cermat menetapkan kebijakan, sehingga diharapkan tidak akan salah langkah pada waktu pengambilan keputusan saat akan memilih dan menetapkan figur pejabat Sekwan yang akan menjadi penggantinya nanti.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Lampung, Dedi Afrizal yang didampingi oleh Wakil-Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung yang juga hadir saat itu yaitu Ismet Roni, Patimura dan Djohan Sulaiman saat memberikan keterangan seusai pelaksanaan Rapat Pimpinan di ruang kerjanya. Dia juga mengatakan bahwa pada dasarnya posisi atau kedudukan seorang Sekwan merupakan suatu jabatan yang cukup bersifat strategis.

Dianggap demikian dikarenakan merupakan posisi strategis berkaitan dengan unsur penghubung yang nantinya akan menjebatani kepentingan antara Pihak Eksekutif (Pemprov Lampung) dengan Pihak Legislatif (DPRD Provinsi Lampung).

Sehingga untuk posisi jabatan Sekwan tersebut, sudah seharusnya merupakan figur individu yang mampu dan memiliki kompetensi untuk dapat tetap menjaga harmonisasi hubungan dan koordinasi serta kerja sama diantara kedua belah pihak tersebut selama ini yang telah terjalin dengan baik.

Meskipun demikian, hal tersebut hanyalah sebatas saran dan harapan saja sambung Dedi Afrizal menambahkan penjelasannya.
Pihak legislatif, dalam hal ini DPRD Provinsi Lampung tetap akan mengapresasiasi dan mendukung segala kebijakan yang ditetapkan oleh pihak eksekutif serta menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai posisi jabatan Sekretaris DPRD Provinsi Lampung (Sekwan) tersebut kepada Gubernur Lampung yang memang memiliki hak preogratif dalam hal menentukan siapa orang yang pantas untuk duduk di kursi Sekwan tersebut.

“Karena itu merupakan hak penuh yang keputusannya ada di tangan Gubernur, jadi kami dukung dan serahkan sepenuhnya pada kebijakan beliau,” kata Dedi menjelaskan saat dikonfirmasi mengenai segera pensiunnya Sekwan sekarang ini (5/2/2016).

Read 185 times