DPRD Lampung Terima Kunjungan Kerja DPRD Kalimantan Selatan

Rabu, 08 November 2017 10:53

PROGRAM pembangunan infrastruktur seperti Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS)  Lampung akan menjadi percontohan jalan tol di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hal itu dibahas dalam rapat kunjungan kerja (Kunker) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan (Kalsel) ke DPRD Lampung.

Dalam kunjungan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kalsel, Muhaimin dan 15 anggotanya tersebut disambut oleh Ketua DPRD Lampung, Dedi Afrizal dan beberapa anggota Dewan lain. Selain itu juga hadir dalam juga dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Bappeda, Dinas Sosial, dan beberapa perwakilan lainnya.

Dikatakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Muhaimin, pembangunan infrastruktur dalam hal ini jalan tol nantinya juga bisa dilaksanakan di Kalsel, karena Lampung dan Kalsel memiliki kesamaan.

"Sumatera khususnya di Lampung pembangunan jalan tol kan  sudah berjalan , sehingga  kami mengantisipasi untuk persiapan bagaiman nanti terealisasinya jalan tol," ujar Muhaimin, Senin (16/10).

Selain membahas infrastruktur di Lampung, pihaknya juga ingin mempelajari bagai mana bisa membangun jalan kereta api trans Kalimantan.

"Jadi kami ingin pemahaman bagaimana melaksankan rel kereta api," ucapnya.

Selain mengenai  dua transportasi darat, sebagai tanah sebagian besar bertanah gambut, Kalsel ingin menambah jumlah embung yang mungkin hanya berjumlah satu.

“Jadi kami juga ini komperasi di Lampung, karena ada potensi. Terdapat bnyak kelebihan dari Lampung  yang dapat diterapkan di Kalimantan Selatan,” kata Muahaimin.

Dalam kunjungannya kali ini , pihaknya telah memahami dan ternyata jalan Tol sangat sulit dilaksanakan di provinsi  bila tidak ada campur tangan pemerintah pusat. Maka sebab itu pihaknya juga akan menindaklanjuti kepemerintah pusat, termasuk embung.

Di sisi lain, Lampung juga ada beberapa tata kelola komoditi yang perlu dipelajari Kalsel  dari Lampung yakni dalam hal tata kelola hutan register, pengelolan ubi kayu  serta pengaturan tata ruang di Lampung.

Selain DPRD Kalsel, Lampung pun menjadi percontohan bagi Provinsi Lain, sebelumnya Provinsi Lampung  dikunjungi dari DPRD Pekanbaru.

Sementara itu ketua DPRD Lampung Dedi Aprizal sangat mengapresiasi apa yang disampaikan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Komisi III yang ingin mencontoh program-program pembangunan di Lampung.

Salah satunya jalan tol dan pengendalian kendaraan muatan lebih regulasi dan strategis yang hampir memiliki kesamaan di Provinsi Lampung.

Menurut Dedi di Provinsi Kalimantan Selatan sendiri memiliki regulasi dan strategis untuk pembangunan jalan tol, namun sampai saat ini belum tereliasasi oleh Pemerintah Pusat dan bagaimana mereka ingin mencontoh pembangunan jalan tol di Lampung bisa terlaksana juga di Kalsel.

"Pengendalian kendaraan muatan lebih di Provinsi Kalimantan Selatan belum terlaksana seperti jembatan timbang portable, nah untuk Lampung sendiri menurut Dinas Perhubungan sudah dilakukan sesuai mengacuh perda nomor 5 tahun 2011 walaupun Perda tersebut sudah dihapus.

Karena kita sendiri masih menunggu revisi perda yang akan diganti Pemerintah Pusat, jangan sampai jembatan portable tidak dilakukan, karena selama ini kondisi jalan di provinsi sangat terancam diakibatkan kendaraan bermuatan lebih seperti di Kabupaten Waykanan," pungkasnya.

Read 50 times