DPRD provinsi Lampung mengapresiasi RAKERNAS I IDI (ikatan dokter indonesia) di provinsi lampung

Rabu, 08 November 2017 11:18

DPRD provinsi Lampung mengapresiasi serta mengucapkan selamat atas diselenggarakannya RAKERNAS I IDI (ikatan dokter indonesia) di provinsi lampung yang mengangkat tema Reformasi Sistem Pelayanan Kesehatan dan Sistem Pendidikan Kedokterana yang Komprehensif dan Multisektor Menuju Indonesia Sehat (24-27 Oktober 2017).

Semoga RAKERNAS tersebut dapat memberikan rekomendasi terkait solusi atas permasalahan diinternal organisasi maupun terkait pelayanan serta kebijakan pemerintah.

Diera JKN menuju iniversal Coverege dibutuhkan tekat kuat untuk bersama-sama dan bersinergi dengan berbagai pihak terkait baik dengan pemerintah, organisasi profesi kesehatan lain maupun lembaga pelayanan kesehatan.

Menurut Dedi Afrizal ada beberapa hal yg urgent untuk dibenahi oleh seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan kesehatan bukan hanya orhanisasi IDI yaitu pertama membangun kembali komitmen, dedikasi serta keikhlasan dalam setiap pemberian pelayanan kesehatan disemua tingkatan, kedua membenahi standar pelayanan, SDM, SARPRAS kemudian ketiga optomalisasi pengelolaan dana JKN yang efektif dan tepat sasaran, dan terakhir adalah melakukakan perubahan paradigma pelayanan dari Upaya curatif kepada upaya kesehatan promotif danĀ  preventif, hal ini sejalan dengan bergesernya pola jenis penyakit infeksi ke non infeksi akibat perilaku, pola hidup yang kurang sehat serta faktor kecelakaan transportasi.

Karena jika kita mampu melakukan upaya ini maka kita dapat menekan penggunaan dana JKN sehingga dapat diginakan pada program prioritas lainnya.

Read 61 times