DPRD Rapim Bahas KUA-PPAS 2014

Sabtu, 16 November 2013 21:56

Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Hantoni Hasan mengatakan DPRD setempat segera menggelar rapat pimpinan terkait pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2014.

“Insya Allah segera dilaksanakan,” ujar Hantoni Hasan, Rencananya, Selasa (29/10/2013). Salah satu anggeda rapim adalah soal anggaran pilgub. Namun, rincian detail pembahasan anggaran pilgub akan dibahas oleh Badan Anggaran (Banang).

Menurut legislator asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, biasanya ada penyesuaian terhadap besaran anggaran. Diperkirakan bisa terjadi perombakan. “Nanti dibahas oleh Banang. Biasanya ada penyesuaian, kemungkinan bisa perombakan besar,” tutur dia.

Setelah pembahasan, APBD 2014 diparipurnakan. Untuk pengaturan jadwal tersebut, lanjut dia, adalah wewenang Badan Musyawarah (Banmus). “Banmus yang atur waktu. Dibahas dulu baru paripurna (APBD),” kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provnisi Lampung Tony O.L. Tobing mengatakan, APBD Tahun 2014 yang diajukan pemprov kepada DPRD sebesar Rp4,162 triliun. Termasuk anggaran untuk pilgub sebesar Rp134 miliar.

Menurut dia, ada perubahan anggaran pilgub yang diajukan dalam draf KUA-PPAS APBD 2014. Sebelumnya, dana pilgub pada APBD 2014 sebesar Rp115 miliar menjadi Rp134 miliar.

“Dana pilgub Rp134 miliar itu terdiri atas Rp109 miliar untuk KPU untuk dua putaran,  Rp15 miliar Bawaslu, dan Rp10 miliar untuk polda,” ujarnya, Rabu (23/10).

Tony mengatakan, pemprov siap mengantisipasi jika ada kekurangan dana pilgub melalui dana cadangan. ”Angka anggaran cadangan masih dibahas. Kalau dua putaran, disiapkan cadangan tambahannya. Yang pasti, untuk KPU Rp76 miliar putaran pertama dan putaran kedua Rp33 miliar,” ujarnya seraya mengatakan, angka yang sudah diusulkan itu sudah berdasarkan perhitungan yang pas.

Jumlah itu sudah disesuaikan dengan kebutuhan pada 2013 dan 2014, termasuk adanya kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak). ”Lagi pula pengajuan ini kan akan dibahas juga oleh DPRD untuk kemudian disetujui,” katanya.  (tim)

Read 309 times