Perbaiki Ruas Jalan Tirtayasa-Sutami

Selasa, 23 Juli 2013 23:21

Kondisi ruas Jalan Tirtayasa menuju Jl Sutami Kawasan Industri Lampung (Kail) dalam lima tahun terakhir tak pernah bagus. Bahkan, setelah ditambal sulam pada tahun 2012 lalu, kini kerusakaannya makin parah: jalan bergelombang dengan lubang besar, jika hujan menjadi kubangan dan saat panas menguarkan debu ke udara.

 

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Lampung Donny Irawan mengatakan ruas Jalan Tirtayasa dan Jalan Sutami merupakan jalur pendukung kegiatan usaha karena berada di kawasan industri. Dengan kondisi jalan yang buruk, berdampak langsung pada akativitas perekonomian dan produksi.

“Jika perusahaan di Kail sampai hengkang karena kondisi ini, berapa banyak pengangguran dan kerugian ekonomi. Belum lagi pengaruh psikologis terhadap investor baru yang berniat investasi,” kata Donny, usai turun ke lapangan meninjau lokasi jalan yang rusak tersebut, Senin (17/06/2013).

Donny menilai kondisi kedua jalan tersebut sangat tidak layak dan harus segera diperbaiki. Ia juga menyayangkan tidak proaktifnya pemerintah dalam membenahi pembangunan, terutama sektor infrastruktur di Lampung.

“Tingkat kepedulian pemerintah dilihat dari aspek praktis tidak ada. Jalan ini sudah rusak bertahun-tahun, sampai kapan mau dibiarkan. Di mana peran pemerintah?” tegas politisi Partai Amanat Nasional ini.

Donny mengingatkan masyarakat tidak mau tahu apakah jalan tersebut milik negara, milik provinsi, atau milik kabupaten/kota. “Masyarakat hanya berharap jalan tersebut bisa diperbaiki sehingga aktivitas berjalan lancar. Jika kondisi seperti ini akan sulit," kata dia.

Donny berjanji akan membawa hasil kunjungannya tersebut ke rapat paripurna DPRD. Menurutnya, masalah ini sangat krusial karena menyangkut kesejahteraan masyarakat. Terlebih kedua jalan tersebut merupakan jalur perlintasan perekonomian Lampung.  “Ini sudah sangat serius karena bukan lagi menghambat tapi sudah mengganggu perekonomian,” ujarnya.

Kondisi Jalan Pangeran Tirtayasa dan Jalan Ir. Sutami Bandarlampung rusak parah dalam beberapa tahun terakhir. Ruas jalan penunjang transportasi menuju kawasan industri Lampung (Kail) ini umumnya bergelombang dan berlubang dengan aspal mengelupas.

Praktis ruas jalan Tirtayasa hingga Jalan Ir. Sutami sekitar sembilan puluh persen tidak layak dilalui kendaraan, baik roda dua terlebih roda empat. Bahkan, sering terjadi kecelakaan pengendara sepeda motor, karena kendaraan yang ditungganginya terjebak lubang besar.

Ito, warga Jalan Pangeran Tirtayasa menuturkan kondisi kerusakan jalan sudah terjadi cukup lama. Selain menghambat aktivitas warga, kerusakan jalan juga menyebabkan polusi dan mengganggu kesehatan warga.  (tim)

Read 255 times