Komisi V Terima Pengaduan Fasilitator PNPM

Minggu, 25 Agustus 2013 23:23

Ratusan fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) se-Lampung yang tergabung dalam Forum Komunikasi Fasilitator Lampung (FKFL) menggelar aksi damai, Selasa, 2 Juli 2013.

 

Ketika mengadu ke DPRD Provinsi Lampung, mereka diterima Ketua Komisi V DPRD Lampung Yandri Nazir dan beberapa anggota komisi tersebut di ruang rapat komisi. Pada pertemuan itu, Juru Bicara FKFL Hengki Irawan mengatakan honor fasilitator PNPM-MPd se-Lampung selama empat bulan sejak Maret-Juni 2013 belum ada yang dibayar.

“Inilah yang melandasi fasilitator se-Lampung bergabung melakukan aksi damai ini,” ujarnya. Selain itu, mereka juga menuntut kenaikan gaji fasilitator PNPM-MPd sebagai bentuk peningkatan taraf hidup dan kontrak kerja permanen atau selama program berjalan.

“Kami juga menuntut pembenahan sistem penggajian fasilitator. Tidak ada lagi penundaan-penundaan dalam pembayaran gaji pokok dan tunjangan operasional fasilitator PNPM-MPd,” tegasnya.

Ketua Komisi V DPRD Lampung Yandri Nazir mengatakan pihaknya segera mengagendakan rapat dengar pendapat dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) terkait tuntutan tersebut. “Kami juga berharap PNPM provinsi terus berkomunikasi dengan kami. Selain itu, kami akan mempertanyakan kepada BPMPD, sejauh mana APBD bisa mengatasi permasalahan fasilitator,” katanya.

Wakil Ketua Komisi V Abdullah Fadri Auli juga berjanji berusaha mengevaluasi kontrak kerja fasilitator PNPM-MPd.

“Insya Allah akan kami perjuangkan,” ucapnya.

Sedangkan, Kepala BPMPD Lampung Sutoto ketika dikonfirmasi menyatakan bahwa pembayaran gaji fasilitator sudah diproses. “Berkasnya telah saya tanda tangani,” ujarnya melalui sambungan telepon. Terkait permasalahan kontrak kerja, Sutoto menyatakan sudah melalui persetujuan fasilitator PNPM-MPd.

“Kontrak kerja itu kan berdasarkan kesepakatan kedua pihak. Ketika sudah ditandatangani, berarti menjadi peraturan bagi kedua pihak,” katanya. Sutoto juga menyatakan kesiapannya memberikan penjelasan kepada Komisi V terkait tuntutan fasilitator PNPM-MPd. (tim)

Read 239 times